_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"http://ilmumanajemenindustri.com","Category":"http://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"http://ilmumanajemenindustri.com/2017/09/","Post":"http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-rasio-lancar-current-ratio-rumus-rasio-lancar/","Page":"http://ilmumanajemenindustri.com/daftar-isi-ilmu-manajemen-industri/","Attachment":"http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-analisis-rasio-likuiditas-liquidity-ratio-jenis-jenisnya/pengertian-analisis-rasio-likuiditas-liquidity-ratio/","Nav_menu_item":"http://ilmumanajemenindustri.com/446/","Insertpostads":"http://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/native-ads/"}}_ap_ufee

Pengertian Diagram SIPOC dan Cara Membuatnya

Pengertian Diagram SIPOC dan Cara Membuatnya – SIPOC adalah suatu alat visual yang digunakan untuk mengdokumentasikan proses-proses bisnis dari awal hingga akhir dan berfungsi untuk mengidentifikasikan elemen-elemen relevan dari proyek perbaikan yang akan dikerjakan. Identifikasi SIPOC ini biasanya dilakukan sebelum proyek perbaikan proses (process improvement) tersebut dimulai. Didalam metodologi Six Sigma, SIPOC digunakan dalam tahap DEFINE yaitu tahap pertama dalam Six Sigma untuk mendefinisikan dan menyeleksi permasalahan yang akan diselesaikan beserta Biaya, manfaat dan dampak terhadap Pelanggan (customer).
Baca juga : Pengertian Six Sigma dan Tahapan DMAIC Six Sigma.

SIPOC merupakan singkatan dari Supplier (Pemasok), Input (Masukan), Process (Proses), Output (Keluaran) dan Customer (Pelanggan).

  • S (Supplier/Pemasok) adalah Orang, Organisasi atau Sistem yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.
  • I (Input/Masukan) adalah bahan, informasi ataupun sumber daya lainnya yang diberikan oleh pemasok untuk dikonsumsi atau untuk ditransformasikan di dalam proses produksi.
  • P (Process/Proses) adalah serangkaian tindakan dan kegiatan yang mengubah Input menjadi Output.
  • O (Output/Keluaran) adalah barang atau jasa yang dihasilkan oleh proses untuk digunakan oleh pelanggan.
  • C (Customer/Pelanggan) adalah Orang, Organisasi, Sistem ataupun Proses hilir yang menerima Output dari proses.

Analisis SIPOC (Supplier, Input, Process, Output, Customer) ini sangat berguna untuk mengetahui dan mengidentifikasikan siapa yang menjadi pemasok untuk input ke proses, spesifikasi apa yang akan digunakan pada Input, siapa yang merupakan pelanggan dari suatu proses dan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Perlu diketahui bahwa yang dimaksud Supplier (Pemasok) dalam Diagram SIPOC belum tentu merupakan pihak-pihak luar organisasi namun bisa juga berasal dari unit kerja lain dalam organisasi atau perusahaan yang sama ataupun proses-proses lainnya yang memberikan Input kepada proses selanjutnya. Demikian juga dengan Pelanggan, pelanggan yang dimaksud oleh Diagram SIPOC dapat berupa unit kerja lainnya yang masih berada dalam organisasi atau perusahaan yang sama ataupun proses-proses tertentu yang menerima Input dari proses sebelumnya.

Cara Membuat Diagram SIPOC

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat Diagram SIPOC.

  1. Berikan Nama atau Judul Diagram SIPOC yang akan dibuat (gunakan kata kerja atau kata sifat)
  2. Tentukan Awal dan Akhir dari Diagram SIPOC atau ruang lingkup dari Diagram SIPOC yang akan dibuat.
  3. Identifikasikan Output dari proses atau apa yang dilakukan dan dihasilkan oleh proses (gunakan kata benda)
  4. Identifikasikan Pelanggan (customer) yang akan menerima Output dari Proses.
  5. Identifikasikan Input yang diperlukan oleh proses.
  6. Identifikasikan Pemasok (Supplier) dari Input yang diperlukan oleh Proses.

 

Contoh Diagram SIPOC

Berikut ini adalah contoh diagram SIPOC pada produksi Smartphone.

Pengertian Diagram SIPOC dan Cara Membuat Diagram SIPOC

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*