_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"http://ilmumanajemenindustri.com","Category":"http://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"http://ilmumanajemenindustri.com/2017/12/","Post":"http://ilmumanajemenindustri.com/3-tingkatan-manajemen-fungsi-fungsinya/","Page":"http://ilmumanajemenindustri.com/daftar-isi-ilmu-manajemen-industri/","Attachment":"http://ilmumanajemenindustri.com/3-tingkatan-manajemen-fungsi-fungsinya/tingkatan-manajemen/","Nav_menu_item":"http://ilmumanajemenindustri.com/446/","Insertpostads":"http://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/native-ads/"}}_ap_ufee

Pengertian PEG (Price/Earning to Growth Ratio) dan Rumus PEG

Pengertian PEG (Price/Earning to Growth Ratio) dan Rumus PEG

Pengertian PEG (Price/Earning to Growth Ratio) dan Rumus PEG – Rasio PEG atau Price Earnings to Growth Ratio adalah suatu perhitungan investasi yang mengukur nilai saham berdasarkan pendapatan saat ini dan potensi pertumbuhan perusahaan di masa depan. Dengan kata lain, rasio PEG adalah rasio yang digunakan oleh para investor untuk menghitung apakah saham di atas atau di bawah harga dengan mempertimbangkan pendapatan saat ini dengan tingkat pertumbuhan yang akan dicapai oleh perusahaan pada masa yang akan datang.

Umumnya, perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan lebih tinggi juga akan memiliki rasio P/E (Price Earning Ratio) yang lebih tinggi. Jadi jika hanya menggunakan rasio P/E untuk mengukur nilai saham suatu perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi maka akan terlihat nilai saham pada perusahaan tersebut telah “overvalue” atau “kemahalan” dibandingkan dengan nilai saham perusahaan lainnya. Namun apabila rasio P/E atau PER (Price Earning Ratio) pada suatu perusahaan dibagi dengan tingkat pertumbuhan pendapatan maka rasio yang dihasilkan akan lebih sesuai untuk membandingkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya yang memiliki tingkat pertumbuhan yang berbeda.

Ratio PEG (Price/Earning to Growth Ratio) ini pertama kali dikembangkan oleh Mario Farina pada tahun 1969 dalam bukunya yang berjudul “A Beginner Guide to Successful Investing In the Stock Market” dan dipopulerkan oleh Peter Lynch dalam bukunya yang berjudul “One Up on Wall Street” pada tahun 1989.

Rumus PEG (Price/Earning to Growth Ratio)

Rasio PEG ini dapat dihitung dengan membagikan rasio P/E (PER) dengan tingkat pertumbuhan pendapatan per saham tahunan. Berikut dibawah ini ini adalah Rumus PEG atau Price/Earning to Growth Ratio.

PEG = PER / Pertumbuhan EPS Tahunan

Keterangan :
-PER adalah Price per Earning Ratio atau Rasio Harga terhadap Pendapatan.
-EPS adalah Earning per Share atau Laba per Lembar Saham

Contoh Perhitungan PEG (Price/Earning to Growth Ratio)

Per tanggal 23 November 2017, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk memiliki PER (Price Earning Ratio) sebesar 17,93. EPS (Earning per Share) pada tahun 2016 adalah sebesar Rp. 192,- dan tahun 2017 adalah sebesar Rp. 327,-. Berapakah Price/Earning to Growth atau PEG PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk?

Penyelesaian :

Untuk mencari PEG, kita harus menghitung Pertumbuhan EPS. Dari contoh diatas, diketahui bahwa :

EPS 2016 = Rp. 192,-
EPS 2017 = Rp. 237,-
Pertumbuhan EPS = (Rp. 237 – Rp. 192,-)/Rp. 237,-
Pertumbuhan EPS = (Rp. 45/Rp. 237,-)
Pertumbuhan EPS = 0.23 atau 23%.

Setelah mendapatkan Pertumbuhan EPS, maka kita masukan ke Rumus PEG sebagai berikut :
PEG = PER / Pertumbuhan EPS Tahunan
PEG = 17,93 / 23%
PEG = 76,5%

Jadi PEG untuk TLKM atau PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk ini adalah sebesar 76,5% atau 0,765.

Penilaian dan Analisis

Rasio PEG yang berada diantara 0 hingga 1 atau 0% hingga 100% menandakan harga saham tersebut “undervalue” atau “murah” sehingga dapat memberikan return atau imbal hasil yang lebih tinggi. Di satu sisi, Saham dengan rasio PEG yang lebih dari 1 atau 100% ini menandakan harga saham telah “overvalue” atau “kemahalan”. Kadang-kadang, akan terdapat rasio PEG yang berada di angka negatif. Hal ini dikarenakan terjadinya penurunan pendapatan pada perusahaan yang bersangkutan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*