_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"https://ilmumanajemenindustri.com","Category":"https://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"https://ilmumanajemenindustri.com/2018/05/","Post":"https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-biaya-overhead-pabrik-jenis-bop/","Page":"https://ilmumanajemenindustri.com/search/","Attachment":"https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-biaya-overhead-pabrik-jenis-bop/biaya-overhead/","Nav_menu_item":"https://ilmumanajemenindustri.com/446/","Insertpostads":"https://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee

3 Keterampilan Manajemen yang harus dimiliki oleh Manajer

3 Keterampilan Manajemen yang wajib dimiliki oleh Manajer (Keterampilan Manajer)

3 Keterampilan Manajemen yang harus dimiliki oleh Manajer – Manajer merupakan pelaku Manajemen yang memiliki berbagai peranan dalam organisasi atau perusahaannya. Dalam melaksanakan peranan dan fungsinya, Manajer-manajer tersebut diwajibkan untuk memiliki beberapa keterampilan yang dapat mendukung kelancaran aktivitasnya. Keterampilan manajer tersebut pada umumnya disebut dengan Keterampilan Manajemen atau Management Skills. Sederhananya, yang dimaksud dengan Keterampilan Manajemen adalah pengetahuan dan kemampuan individu seorang manajer untuk memenuhi kebutuhan dalam melaksanakan tugas tertentu dan juga dalam menjalankan fungsi manajemennya.
Baca juga : Pengertian Manajemen dan 4 Fungsi Dasar Manajemen.

Menurut Robert  L.  Katz, seorang Manajer yang sukses wajib memiliki 3 Keterampilan Manajemen Dasar yaitu Keterampilan Konseptual, Keterampilan berhubungan dengan orang lain dan Keterampilan Teknis. Menurutnya, Ketiga Keterampilan Manajemen tersebut diperlukan untuk dapat menerapkan 4 fungsi dasar dalam manajemen. Berdasarkan teori Robert L. Katz tentang Keterampilan Manajemen ini, Keterampilan Teknik lebih penting bagi Manajer yang berada di tingkatan Manajemen yang lebih rendah dan Keterampilan Konseptual lebih signifikan dibutuhkan oleh Manajemen Tingkat Tinggi atau Manajemen Puncak. Sedangkan Keterampilan berhubungan dengan orang lain atau Humanity Skills dianggap sama pentingnya bagi semua tingkatan manajemen.
Baca juga : 3 Tingkatan Manajemen dan Fungsi-fungsinya.

3 Keterampilan Manajemen (Management Skills)

Berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai 3 Keterampilan Manajemen dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Manajer dalam menjalankan fungsi manajemen menurut Robert  L.  Katz.

Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)

Keterampilan Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya, perubahan pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit kerja atau bagian lainnya. Keterampilan ini meliputi pemahaman tentang hubungan antar institusi, industri dan masyarakat serta pemahaman tentang pengaruh faktor-faktor politik, sosial dan kondisi ekonomi suatu negara terhadap bisnis perusahaannya. Dengan pemahaman-pemahaman tersebut, seorang manajer tingkat tinggi atau Top Management dapat memahami kondisi bisnis secara keseluruhan dan mengambil tindakan yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.

Keterampilan Konseptual ini sangat penting bagi Manajement Tingkat Tinggi (Top Management) namun kurang penting bagi manajemen tingkat menengah dan tidak diharuskan untuk manajemen tingkat pertama. Keterampilan Konseptual ini juga sering disebut dengan Keterampilan Analisis (Analytical Skill) ataupun Keterampilan Perseptual (Perceptual Skill).

Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills)

Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. Selain itu, para Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi karyawannya secara efektif di perusahaan.

Komunikasi juga merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam Keterampilan ini. Komunikasi yang baik dan efektif akan memberikan dampak positif terhadap karir manajer yang bersangkutan dan juga dalam pencapain tujuan organisasi. Keterampilan berhubungan dengan orang lain atau Humanity Skill ini penting bagi semua tingkatan manajemen di suatu organisasi atau perusahaan. Keterampilan ini juga disebut sebagai Keterampilan Interpersonal (Antarpribadi) atau Human Skill (keterampilan kemanusiaan).

Keterampilan Teknis (Technical Skills)

Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, membuat program komputer, menyiapkan pembukuan dan laporan keuangan, menjual produk, menciptakan lagu, memasak makanan dan lain sebagainya. Keterampilan Teknik ini merupakan keterampilan yang penting bagi manajer di tingkat pertama namun kurang penting atau tidak wajib untuk dimiliki oleh manajemen tingkat atas.

Kesimpulan

Dapat dikatakan bahwa semua keterampilan yang diperlukan oleh manajer dalam menjalankan fungsi manajemen sudah dirangkum dalam tiga keterampilan manajemen dasar ini. Contohnya seperti Keterampilan Pengendalian atau Controlling Skill, seorang manajer dapat mengendalikan karyawannya melalui keterampilan manajerial dasar yang dimilikinya yaitu keterampilan berhubungan dengan orang lain (Humanity Skill) yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kita ambil contoh keterampilan lainnya seperti Keterampilan mengambil keputusan atau Decision Skills, sebuah keputusan akan diambil dengan tepat apabila seorang manajer memiliki keterampilan konseptual. Untuk keputusan yang berkaitan dengan teknis pekerjaan, seorang manajer akan mengambil keputusan yang tepat apabila manajer tersebut memiliki keterampilan teknis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*