Pengertian IPO (Initial Public Offering) dan Keuntungan IPO

Pengertian IPO dan Keuntungan IPO

Pengertian IPO (Initial Public Offering) dan Keuntungannya – IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Penawaran Umum Perdana ini merupakan penjualan pertama saham oleh perusahaan swasta maupun perusahaan pemerintah yang terbuka untuk umum. Perusahaan yang melakukan IPO dapat berupa perusahaan baru, perusahaan pemula atau perusahaan lama yang memutuskan untuk terdaftar di Bursa saham yang pada umumnya kita sebut dengan istilah Go Public.

Status perusahaan yang menawarkan saham perdananya ini akan berubah menjadi Perusahaan milik Publik atau Perusahaan Terbuka (TBK). Status ini menandakan bahwa kepemilikan perusahaan tersebut berpindah tangan dari perusahaan yang dimiliki sepenuhnya secara pribadi (tertutup) menjadi perusahaan yang dimiliki oleh massa atau public (terbuka).

Dengan IPO, perusahaan dapat meningkatkan modal Ekuitas dengan menerbitkan saham baru kepada public (masyarakat umum) atau pemegang saham yang ada tanpa perlu meningkatkan modal segar. Saham perusahaan terbuka tersebut akan diperdagangkan di pasar terbuka dan dapat dijual lebih lanjut oleh investor melalui perdagangan pasar sekunder.

Secara keseluruhan, Go Public adalah keputusan kompleks yang membutuhkan pertimbangan dan perencanaan yang cermat, meskipun selalu ada ancaman hilangnya kerahasiaan, fleksibilitas dan kendali pada perusahaan public dan lain-lainnya, namun apabila seseorang memilih prosedur yang tepat, IPO pasti akan menghasilkan kesuksesan dalam jangka pendek maupun jangka panjang bagi perusahaan penerbit.

Penerbit IPO atau perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana biasanya dibantu oleh perusahaan perbankan investasi yang bertindak sebagai penjamin emisi atau banker investasi. Penjamin Emisi ini memberikan layanan seperti bantuan untuk mengukur harga saham (nilai saham) dan membangun pasar saham.

Keuntungan GO PUBLIC dengan IPO

Keuntungan utama yang diperoleh dari IPO atau Penawaran Saham Perdana adalah akses ke modal. Selain itu, modal yang didapat dari IPO ini tidak harus dilunasi dan tidak dikenakan biaya bunga. Satu-satunya imbalan yang dicari investor IPO adalah apresiasi atas investasi mereka dan juga dividen yang akan dibagikan.
Baca juga : Pengertian Dividen dan Jenis-jenis Dividen.

Selain suntikan modal langsung yang disediakan oleh IPO, usaha kecil dan menengah yang Go Public juga dapat lebih mudah mendapatkan modal untuk kebutuhan masa depan melalui penawaran saham baru atau penawaran utang publik. IPO juga memberikan kesempatan kepada pendiri usaha kecil dan pemodal ventura untuk merealisasikan uang investasi awal mereka. Saham ekuitas tersebut dapat dijual sebagai bagian dari IPO ataupun dalam penawaran khusus maupun di pasar terbuka beberapa waktu setelah IPO.

Keuntungan lain yang dimiliki IPO untuk usaha kecil dan menengah adalah peningkatan kesadaran publik, yang dapat mengarah pada peluang baru dan pelanggan baru. Sebagai bagian dari proses IPO, informasi tentang perusahaan dicetak di surat kabar di seluruh negeri. Kegembiraan seputar IPO juga dapat meningkatkan perhatian di media bisnis. Namun, ada sejumlah undang-undang yang mengatur keterbukaan informasi selama proses IPO, sehingga pemilik usaha kecil dan menengah ini harus berhati-hati dalam publikasi berbagi informasi yang berkaitan dengan IPO. Dengan IPO, Perusahaan publik dapat meningkatkan kredibilitasnya dengan pemasok, pelanggan dan pemberi pinjamannya yang dapat mengarah pada peningkatan persyaratan kredit.

Selain dari keuntungan diatas, Go Public juga melibatkan kemampuan untuk menggunakan saham dalam paket insentif kreatif untuk manajemen dan karyawannya. Menawarkan saham dan opsi saham sebagai bagian dari kompensasi dapat memungkinkan usaha kecil dan menengah untuk menarik bakat manajemen yang lebih baik dan memberi mereka insentif untuk berkinerja lebih baik. Karyawan yang menjadi pemilik sebagian melalui rencana saham dapat dimotivasi dengan berbagi kesuksesan perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*