_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"https://ilmumanajemenindustri.com","Category":"https://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"https://ilmumanajemenindustri.com/2018/10/","Post":"https://ilmumanajemenindustri.com/8-langkah-perubahan-menurut-kotter/","Page":"https://ilmumanajemenindustri.com/search/","Attachment":"https://ilmumanajemenindustri.com/8-langkah-perubahan-menurut-kotter/8-langkah-perubahan-menurut-john-kotter/","Nav_menu_item":"https://ilmumanajemenindustri.com/1289/","Insertpostads":"https://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/1362/"}}_ap_ufee

Pengertian Manajemen Proyek (Project Management) dan Karakteristiknya

Pengertian Manajemen Proyek

Pengertian Manajemen Proyek (Project Management) dan Karakteristiknya – Manajemen Proyek atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Project Management adalah seni mengelola semua aspek proyek dari awal sampai penutupan dengan menggunakan metodologi ilmiah dan terstruktur. Istilah proyek ini dapat digunakan untuk mendefinisikan usaha atau kegiatan apa pun yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya pekerjaan. Proyek pada umumnya menciptakan suatu layanan, produk atau hasil yang unik dan spesik. Sesuai dengan definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa proyek adalah kegiatan yang tidak dapat berjalan tanpa batas waktu dan harus memiliki tujuan yang pasti.

Perlu diingat bahwa yang dimaksud dengan “sementara” disini hanya terbatas pada proses pengerjaannya tetapi tidak berlaku pada hasil (produk atau layanan) yang dihasilkan oleh proyek. Sebagai contoh, sebuah proyek yang membangun sebuah monumen akan memiliki durasi atau waktu pengerjaan yang sudah ditetapkan sedangkan hasilnya yaitu monumen itu sendiri mungkin dapat digunakan untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

Sebuah proyek dalam organisasi manapun, diperlukan kolaborasi dan kerjasama antar departemen untuk mencapai satu tujuan yang didefinisikan dengan baik dan jelas. Manajemen Proyek (Project Management) ini sangat penting dalam produksi barang dan jasa. Mulai dari sebuah ide hingga pada akhirnya menghasilkan suatu produk ataupun jasa, setiap langkah atau tahap dapat dikategorikan sebagai proyek individu. Setiap Proyek memerlukan Manajer Proyek yang bertanggung jawab dalam mengelola segala aspek pada sebuah proyek mulai dari merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan  mengendalikan proyek tersebut hingga selesai sesuai dengan anggaran, jangka waktu dan kualitas hasil yang ditetapkan.

Untuk lebih jelas, mari kita baca definisi-definsi Proyek (Project) dan Manajemen Proyek (Project Management) menurut para ahlinya.

Pengertian Proyek menurut para Ahli.

Berikut ini adalah pengertian Proyek (Project) menurut beberapa ahli.

  • Pengertian Proyek menurut Husen (2009:4), proyek adalah gabungan dari sumber-sumber daya seperti manusia material, peralatan, dan modal/ biaya yang dihimpun dalam suatu wadah organisasi sementara untuk mencapai sasaran dan tujuan.
  • Pengertian Proyek menurut Larson (2006:3), Proyek adalah usaha yang kompleks, tidak rutin, yang dibatasi oleh waktu, anggaran, sumber daya, dan spesifikasi kinerja yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Pengertian Proyek menurut Nurhayati (2010:4), Proyek adalah upaya atau aktivitas yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan, sasaran dan harapan-harapan penting dengan menggunakan anggaran dana serta sumber daya yang tersedia, yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.
  • Pengertian Proyek menurut Heizer dan Render (2006:81), Proyek adalah sederetan tugas yang diarahkan kepada suatu hasil utama.
  • Pengertian Proyek menurut PMBOK (Project Management Body of Knowledge) Edisi ke-3, Proyek adalah usaha sementara dengan awal dan akhir dan harus digunakan untuk menciptakan produk, layanan atau hasil yang unik.

 

Pengertian Manajemen Proyek menurut para Ahli

Berikut ini adalah pengertian Manajemen Proyek (Project Management) menurut beberapa ahli.

  • Pengertian Manajemen Proyek menurut Budi santoso (2003;3), Manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu. Manajemen proyek mempergunakan personel perusahaan untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek.
  • Pengertian Manajemen Proyek menurut Ervianto (2005:21), Manajemen Proyek adalah semua perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan koordinasi suatu proyek dari awal (gagasan) hingga berakhirnya proyek untuk menjamin pelaksanaan proyek secara tepat waktu, tepat biaya dan tepat mutu.
  • Pengertian Manajemen Proyek menurut Nicholas (2001;9), Manajemen Proyek adalah manajemen yang lebih sederhana, yang operasi-operasinya berulang dimana pasar dan teknologinya dapat diprediksi, ada kepastian tentang antisipasi hasil, lebih sedikit organisasi yang dilibatkan.
  • Pengertian Manajemen Proyek menurut Husen (2009:4), Manajemen Proyek adalah penerapan ilmu pengetahuan, keahlian dan keterampilan, cara teknis yang terbaik dan dengan sumber daya yang terbatas, untuk mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kinerja biaya, mutu dan waktu serta keselamatan kerja.

Karakteristik Proyek

Sebuah proyek bukanlah sebuah aktivitas rutin atau aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh organisasi, melainkan aktivitas tidak rutin dengan rentang waktu tertentu yang dapat memberikan dampak pada kelangsungan hidup bisnis organisasi yang bersangkutan dalam jangka panjang. Pada umumnya, sebuah proyek memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Waktu (Timeline) : Proyek memiliki timeline atau garis waktu yang pasti dengan titik awal dan titik akhir yang terukur.
  • Sumber Daya (Resource) : Sebuah proyek memiliki sumber daya modal dan tenaga kerja yang terbatas.
  • Alat (Tools) : Menggunakan alat-alat (tools) dan teknik khusus digunakan untuk manajamen proyek, contohnya Gantt Chart.
  • Tim (Team) : Manajemen Proyek memerlukan tim yang beragam dari berbagai departemen dan fungsi.

Baca juga : Segitiga Manajemen Proyek dan Enam Tahapan Manajemen Proyek.

1 Comment on Pengertian Manajemen Proyek (Project Management) dan Karakteristiknya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*