_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"http://ilmumanajemenindustri.com","Category":"http://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"http://ilmumanajemenindustri.com/2017/04/","Post":"http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-rekrutmen-recruitment-metode-sumber-rekrutmen/","Page":"http://ilmumanajemenindustri.com/daftar-isi-ilmu-manajemen-industri/","Attachment":"http://ilmumanajemenindustri.com/?attachment_id=545","Nav_menu_item":"http://ilmumanajemenindustri.com/446/"}}_ap_ufee

Pengertian OEM dan ODM

Pengertian OEM dan ODM

Pengertian OEM dan ODM – Di Perusahaan yang bergerak pada bidang Manufakturing, kita sering mendengar adanya istilah perusahaan OEM dan perusahaan ODM. ODM adalah singkatan dari Original Design Manufacturer sedangkan OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Kedua-duanya berkaitan dalam hal manufakturing. Manufakturing adalah kumpulan aktivitas ataupun industri yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang dapat dijual dan bermanfaat bagi penggunaannya.

Kumpulan aktivitas tersebut diantaranya seperti merancang (design), merencanakan (planning), dokumentasi (documentation), pemilihan dan pembelian bahan baku/bahan pembantu (purchasing), produksi (production), pengendalian kualitas (Quality Control) dan penjaminan kualitas produk (Quality Assurance)

Pengertian Perusahaan OEM
(Original Equipment Manufacturer)

Yang dimaksud dengan perusahaan OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah suatu perusahaan atau organisasi yang merancang dan memproduksi produk (komponen ataupun barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukannya dan dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tersebut kemudian melakukan pendistribusian atas produk atau komponen tersebut. Spesifikasi yang dimaksud disini (OEM) adalah spesifikasi produk yang ditentukan oleh perusahaan OEM. Dengan kata lain, perusahaan OEM melakukan produksi produk atas nama perusahaan lain, setelah itu perusahaan pembeli memasarkan produk tersebut dibawah merek mereka sendiri. OEM dalam bahasa Indonesia disebut dengan Produsen Peralatan Asli.

Pengertian Perusahaan ODM
(Original Design Manufacturer)

Yang dimaksud dengan perusahaan ODM (Original Design Manufacturer) adalah suatu perusahaan atau organisasi yang merancang dan memproduksi produksi (komponen ataupun barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli. Produk yang diproduksinya tersebut kemudian dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tersebut memasarkan produk tersebut dibawah merek mereka sendiri.

Salah satu perusahaan ODM terbesar di dunia adalah Foxconn Technology Group, yaitu perusahaan multinasional asal Taiwan yang memproduksi produk-produk terkenal seperti Blackberry, Iphone dan Ipad milik Apple, Playstation milik Sony, Xbox one milik Microsoft, Wii U milik Nintendo dan masih banyak lagi.

Perbedaan OEM dan ODM

Satu hal penting yang membedakan perusahaan OEM dan ODM adalah spesifikasi produk dimana perusahaan OEM merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi perusahaannya sendiri sedangkan perusahaan ODM merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi yang ditentukan perusahaan pembelinya.

Kini, banyak perusahaan besar pemilik merek yang menggunakan jasa OEM dan ODM untuk memproduksi produk mereka sehingga mereka tidak perlu melakukan investasi yang besar dalam menyediakan gedung, fasilitas produksi, mesin dan peralatan produksi serta tenaga kerja yang dilakukan untuk melakukan produksi. Dengan demikian, Ongkos produksi menjadi lebih rendah dan dapat meningkatkan profitabilitas serta meningkatkan daya saing perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*