_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"http://ilmumanajemenindustri.com","Category":"http://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"http://ilmumanajemenindustri.com/2017/11/","Post":"http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-dividend-yield-rumus-dividend-yield/","Page":"http://ilmumanajemenindustri.com/daftar-isi-ilmu-manajemen-industri/","Attachment":"http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-dividend-yield-rumus-dividend-yield/pengertian-dividend-yield/","Nav_menu_item":"http://ilmumanajemenindustri.com/446/","Insertpostads":"http://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/native-ads/"}}_ap_ufee

Pengertian Net Profit Margin (Marjin Laba Bersih) dan Rumusnya

Pengertian Net Profit Margin (Marjin Laba Bersih) dan Rumus Net Profit Margin (NPM)

Pengertian Net Profit Margin (Marjin Laba Bersih) dan RumusnyaNet Profit Margin (NPM) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Marjin Laba Bersih adalah rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur persentase laba bersih pada suatu perusahaan terhadap penjualan bersihnya. Marjin Laba Bersih ini menunjukan proporsi penjualan yang tersisa setelah dikurangi semua biaya terkait. Net Profit Margin ini sering disebut juga dengan Profit Margin Ratio (Rasio Marjin Laba).

Bagi Investor, Marjin Laba Bersih atau Net Profit Margin ini biasanya digunakan untuk mengukur seberapa efisien manajemen mengelola perusahaannya  dan juga memperkirakan profitabilitas masa depan berdasarkan peramalan penjualan yang dibuat oleh manajemennya. Dengan membandingkan laba bersih dengan total penjualan, investor dapat melihat berapa persentase pendapatan yang digunakan untuk membayar biaya operasional dan biaya non-operasional serta berapa persentase tersisa yang  dapat  membayar dividen ke para pemegang saham ataupun berinvestasi kembali ke perusahaannya.

Rumus Net Profit Margin (Marjin Laba Bersih)

Net Profit Margin Ratio ini dapat dihitung dengan cara membagi laba bersih dengan total penjualan. Berikut ini adalah rumus Net Profit Margin :

Marjin Laba Bersih = Laba Bersih setelah Pajak / Pendapatan Penjualan bersih

Atau dalam bahasa Inggris :

Net Profit Margin = Net Profit / Net Sales

Contoh Perhitungan Net Profit Margin (Marjin Laba Bersih)

Berdasarkan laporan per tanggal 31 Desember 2016, Pendapatan Penjualan bersih (Net Sales) PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk  adalah sebesar Rp. 27.063.310.000.000,-. Sedangkan Laba Bersih setelah Pajak (Net Profit) perusahaan yang berkode emiten JPFA ini adalah sebesar Rp. 2.064.650.000.000,- . Berapakah Majin Laba Bersih atau Net Profit Margin (NPM) PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk ini?

Diketahui :

Pendapatan Penjualan Bersih (Net Sales) : Rp. 27.063.310.000.000,-.
Laba Bersih setelah Pajak (Net Profit after Tax) : 2.064.650.000.000,-
Marjin Laba Bersih (Net Profit Margin) : ??

Jawaban :

Marjin Laba Bersih = Laba Bersih setelah Pajak / Pendapatan Penjualan bersih

Marjin Laba Bersih = Rp. 2.064.650.000.000,- / Rp. 27.063.310.000.000,-
Marjin Laba Bersih = 7,63%

Jadi Margin Laba Bersih PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk adalah sebesar 7,63%.

Analisis dan Penilaian Net Profit Margin (Marjin Laba Bersih)

Tujuan perhitungan Marjin Laba Bersih adalah untuk mengukur keberhasilan keseluruhan bisnis suatu perusahaan. Marjin Laba Bersih (Net Profit Margin) yang tinggi menunjukan perusahaan menetapkan harga produknya dengan benar dan berhasil mengendalikan biaya dengan baik. Rasio Net Profit Margin ini akan sangat berguna apabila membandingkan profitabilitas pesaing di industri yang sama karena memiliki lingkungan bisnis dan basis pelanggan yang sama serta memiliki struktur biaya yang hampir sama.

Umumnya, meski tergantung pada jenis industri dan struktur bisnisnya, Marjin Laba Bersih atau Net Profit Margin (NPM) dengan persentase lebih dari 10% sudah dianggap sangat baik.
Baca juga : Pengertian Gross Profit Margin (Marjin Laba Kotor) dan Rumusnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*