_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"https://ilmumanajemenindustri.com","Category":"https://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"https://ilmumanajemenindustri.com/2019/02/","Post":"https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-perbedaan-barang-dan-jasa-goods-and-services/","Page":"https://ilmumanajemenindustri.com/search/","Attachment":"https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-perbedaan-barang-dan-jasa-goods-and-services/perbedaan-barang-dan-jasa/","Nav_menu_item":"https://ilmumanajemenindustri.com/1289/","Insertpostads":"https://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/1362/"}}_ap_ufee

Pengertian Dividend per Share (DPS) atau Dividen per Saham dan Cara Menghitungnya

pengertian dividend per share

Pengertian Dividend per Share (DPS) atau Dividen per Saham dan Cara Menghitungnya – Dalam berinvestasi saham, ada dua jenis pengembalian atau return yang diharapkan oleh para Investor. Yang pertama adalah pengembalian adalah Capital Gain yaitu pengembalian dari selisih harga jual dikurangi dengan hari beli. Sedangkan pengembalian jenis kedua adalah pengembalian atau return dalam bentuk DIVIDEN (Dividend). Jadi, yang dimaksud dengan Dividen adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham atau Investor.

Ada beberapa bentuk dividen yang dibagikan kepada pemegang sahamnya, yaitu dengan pembayaran tunai, pembayaran dengan bentuk tambahan saham ataupun pembayaran dengan bentuk properti seperti barang atau asset perusahaan. Pembagian Dividen pada umumnya diputuskan oleh dewan direksi dan memerlukan persetujuan dari para pemegang saham. Namun perlu diketahui bahwa perusahaan tidak diwajibkan untuk membayarkan dividen kepada pemegang sahamnya. Jadi dengan kata lain, Perusahaan dapat memilih untuk membayarkan atau tidak membayar dividen sesuai dengan pertimbangan dewan direksi dan persetujuan pemegang saham. 
Baca juga : Pengertian Dividend Yield dan Cara Menghitungnya.

Pengertian Dividen per Saham atau Dividend per Share (DPS)

Dividen per Saham atau Dividend per Share yang disingkat dengan DPS adalah dividen yang dibayarkan per saham dari saham perusahaan. Dengan demikian, Dividen per Saham atau DPS ini dapat dihitungkan dengan cara membagikan dividen perusahaan dengan jumlah total lembar saham yang beredar. 

Cara Menghitung Dividen per Saham atau Dividend per Share (DPS)

Seperti yang disebut diatas, Dividen per Saham atau Dividend per Share (DPS) dapat dihitung dengan rumus dibawah ini :

Rumus Dividend per Share (DPS)

Dividend per Share (DPS) = Jumlah Dividen yang dibayarkan / Jumlah Lembar Saham

Contoh Kasus Perhitungan Dividen per Saham / Dividend per Share (DPS)

Berdasarkan hasil rapat pemegang saham, Perusahan XYZ mengumumkan akan membayarkan total dividen sebesar Rp. 100 juta kepada para pemegang sahamnya. Saham yang beredar Perusahaan XYZ ini adalah sebanyak 1 juta lembar saham. Berapakah Dividen per Saham  atau Dividend per Share (DPS) perusahan XYX?

Penyelesaian :

Jumlah Dividen yang dibayarkan = Rp. 100.000.000,-
Jumlah Lembar Saham = 1.000.000 juta lembar saham
Dividend per Share (DPS) = ?

Jawaban :

Dividend per Share (DPS) = Jumlah Dividen yang dibayarkan / Jumlah Lembar Saham
Dividend per Share (DPS) = Rp. 100.000.000,- / 1.000.000

Dividend per Share (DPS) = Rp. 100,- per lembar saham

Jadi Dividen per Saham  atau Dividend per Share (DPS) Perusahan XYZ adalah sebesar Rp. 100,-.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*