Pengertian Manajemen Pemasaran (Marketing Management) dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Manajemen Pemasaran (Marketing Management) dan Ruang Lingkupnya – Pemasaran atau marketing pada dasarnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan produk dan layanannya kepada konsumen atau pelanggan. Pemasaran dalam perusahaan pada umumnya mencakup penentuan harga, pengiklanan, penjualan dan pendistribusian produk atau layanan ke konsumen atau pelanggan yang membutuhkannya.

Sedangkan yang dimaksud dengan Manajemen Pemasaran adalah serangkaian proses analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian terhadap pemasaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan adanya Manajemen Pemasaran ini, perusahaan diharapkan dapat mengetahui dan memahami permintaan atau kebutuhan pelanggan dengan baik sehingga dapat menawarkan produk atau layanan yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan.
Baca juga : Pengertian Manajemen dan 4 Fungsi Dasarnya.

Pengertian Manajemen Pemasaran dan Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Para Ahli

Untuk lebih jelas mengenai Manajemen Pemasaran atau Marketing Management, berikut ini adalah beberapa definisi atau pengertian Manajemen Pemasaran menurut Para Ahli.

  • Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Sofjan Assauri (2013:12), Manajemen Pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian berbagai program yang disusun dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan laba hasil dari transaksi/pertukaran melalaui sasaran pasar untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.
  • Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Basu Swastha  (2008:5), pengertian manajemen pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis yang ditujukan untuk perencanaan, penentuan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang/jasa yang bisa memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
  • Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Philip Kotler (2005:9), Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan, pemikiran, penetapan harga promosi, serta penyaluran gagasan barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dalam organisasi”.
  • Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Buchori Dan Djaslim (2010:5), Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang, dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran (Marketing Management Scope)

Pemasaran memiliki ruang lingkup yang sangat luas yaitu mencakup semua kegiatan mulai dari konsep ide hingga realisasi laba. Berikut ini adalah elemen-elemen atau ruang lingkup Manajemen Pemasaran pada umumnya.

1. Produk dan Layanan (Products and Services)

Produk dan Layanan adalah elemen yang paling dasar dari pemasaran. Jika tidak ada produk maka tidak ada juga pemasaran. Elemen ini berkaitan dengan sifat dan jenis produk, kualitas dan desain produk, perencanaan dan pengembangan produk, keputusan produk yang berkaitan dengan branding, pelabelan, pengemasan hingga merek dagangnya.

2. Riset Pemasaran (Marketing Research)

Meskipun produk dan layanan merupakan elemen dasar dan titik awal dari suatu pemasaran, namun pemasaran yang berhasil harus dimulai dengan analisis berbagai aspek pasar dan bidang-bidang yang terkait. Elemen ini mencakup analisis sifat dan jenis pelanggan, ukuran pasar, sikap pelanggan, perilaku pembeli dan faktor-faktor pelanggan dan pasar lainnya. Analisis mendalam terhadap pelanggan dan pasar merupakan prasyarat bagi setiap pemasar untuk memiliki pemasaran yang sukses.

3. Saluran Distribusi (Distribution Channel)

Yang dimaksud dengan Saluran Distribusi adalah jalur pemindahan yang dilalui oleh suatu produk dari produsen ke konsumen. Saluran Distribusi ini mencakup sejumlah perantara seperti grosir, pengecer dan lain-lainnya. Manajemen Pemasaran ini membantu menentukan saluran distribusi mana yang digunakan untuk memindahkan kepemilikan barang/produk dari penjual ke pembeli.

4. Distribusi Fisik (Physical Distribution)

Pergerakan fisik barang dari produsen ke konsumen disebut dengan Distribusi Fisik. Distribusi Fisik ini mencakup transportasi, pergudangan, pengendalian dan manajemen inventaris, pemrosesan pesanan dan lain sebagainya.

5. Keputusan Promosi (Promotional Decisions)

Sebaik apapun suatu produk akan tidak memiliki nilai yang berarti apabila tidak diiringi dengan promosi yang benar. Promosi memiliki tujuan dasar untuk menginformasikan kepada pasar tentang ketersediaan produk dan menciptakan permintaan untuk itu. Ada berbagai alat promosi seperti iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, publisitas dan juga pendekatan hubungan dengan masyarakat.

6. Keputusan Penetapan Harga (Pricing Decisions)

Ini adalah satu-satunya elemen pemasaran yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Harga berkaitan dengan kebijakan dan strategi penetapan harga, penentuan harga, diskon, komisi dan lain sebagainya.

7. Analisis Lingkungan Pemasaran (Environmental Analysis)

Analisis Lingkungan merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam manajemen pemasaran. Berbagai faktor makro dan mikro harus dipelajari sebelumnya untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada produk dan layanannya. Analisis Lingkungan bukan hanya dapat membantu perusahaan untuk merumuskan strateginya tetapi juga strategi pemasarannya. Elemen ini mencakup penelitian tentang lingkungan ekonomi, lingkungan geografis, lingkungan politik dan hukum, lingkungan sosial dan budaya serta lingkungan alam dan teknologi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

8. Feedback atau Umpan balik dari Pelanggan (Feedback from Customers)

Untuk dapat memasarkan suatu produk maupun layanan dengan sukses, penting bagi pemasar untuk mendapatkan umpan balik yang diperlukan dari pelanggan. Pemasar harus mengembangkan Mekanisme umpan balik yang tepat agar ketidakkepuasan pelanggan dapat diidentifikasikan dan melakukan perbaikan pada produk dihasilkan.

Baca juga : Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran) – 4P dan 7P.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*