Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran) – 4P dan 7P

Pengertian Marketing Mix/Bauran Pemasaran (4P dan 7P Marketing Mix) – Marketing Mix atau Bauran Pemasaran adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk merumuskan penawaran produk atau layanan bagi pelanggannya dengan memadukan elemen-elemen pemasaran seperti Produk/Layanan (Product), Tempat (Place), Harga (Price) dan Promosi (Promotion) yang biasanya disingkat dengan 4P Marketing Mix, sedangkan khusus untuk Layanan atau Jasa biasanya ditambahkan 3 Elemen lainnya yaitu Bukti Fisik (Physical Evidence), Orang (People) dan Proses (Process) yang biasanya disingkat dengan 7P Marketing Mix.

Istilah ini dinamakan Bauran Pemasaran atau Marketing Mix karena menyarankan bagaimana pemasar menggabungkan berbagai elemen (Produk, Harga, Tempat, Promosi dan lain-lainnya) untuk membuat penawaran yang relevan dan tepat kepada pelanggan. Tujuan utama dari strategi Bauran Pemasaran ini adalah untuk membuat produk yang tepat dengan harga yang tepat dan di tempat yang tepat dengan promosi yang tepat juga. Strategi Pemasaran ini telah menjadi topik yang sangat popular dalam bisnis-bisnis saat ini.

Konsep Marketing Mix atau Bauran Pemasaran ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden pada tahun 1964 melalui artikelnya yang berjudul “The Concept of the Marketing Mix” atau dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi “Konsep Bauran Pemasaran”. Konsep Marketing Mix yang dikemukakan oleh Neil Borden ini pada dasarnya terinspirasi dari gagasan James Culliton yang mengumpamakan fungsi Manajer Pemasaran sebagai “Pembaur Bahan-bahan” atau “Mixer of Ingredients” pada tahun 1948.

Neil Borden merincikan bahan-bahan yang dimaksud ini menjadi 12 elemen yaitu Perencanaan produk, Harga, Branding (pencitraan merek), Saluran Distribusi, Penjualan pribadi, Iklan, Promosi, Pengemasan, Penampilan, Pelayanan, Penanganan Fisik, Pencarian Fakta dan Analisisnya. 12 Elemen ini kemudian dikelompokan oleh E. Jerome McCarthy menjadi 4 kategori tingkat tinggi yang kita kenal sekarang sebagai Model Bauran Pemasaran 4P atau 4P Marketing Mix. 4P Marketing Mix ini kemudian dikembangkan lagi menjadi Bauran Pemasaran 7P atau 7P Marketing Mix untuk pemasaran yang berkaitan dengan layanan atau Jasa.
Baca juga : Pengertian Manajemen Pemasaran dan Ruang Lingkupnya.

Pengertian Markerting Mix (Bauran Pemasaran) 4p dan 7p

Bauran Pemasaran Produk 4P (4P Product Marketing Mix)

Ketika sebuah perusahaan menawarkan produk atau barang, maka pemasaran perusahaan tersebut telah berada di bawah ruang lingkup Bauran Pemasaran Produk. Bauran Pemasaran Produk 4P ini pada dasarnya berbicara tentang strategi produk, strategi penetapan harga, tempat di mana produk didistribusikan dan strategi promosi. Elemen-elemen bauran pemasaran produk dapat dijelaskan secara terperinci seperti di bawah ini:

Produk (Product)

Bagian utama dari suatu penawaran tentunya adalah produk itu sendiri. Elemen yang pertama ini adalah aspek terpenting dari bauran pemasaran ini. Produk adalah sesuatu yang memiliki nilai fungsional dan dapat digunakan oleh pelanggan untuk mencapai sesuatu. Seorang pemasar perlu mendefinisikan produknya dengan sangat hati-hati yaitu dengan memikirkan nilainya, fitur, kualitas, USP (Unique Selling Proposition (USP) dan persaingannya.

Harga (Price)

Harga adalah elemen terpenting kedua dalam bauran pemasaran. Harga adalah nilai yang akan didapatkan sebagai pengganti produk. Inilah yang akan dibayarkan oleh pelanggan sebagai imbalan atas kegunaan produk tersebut. Harga terutama ditentukan oleh biaya produk dan juga seberapa banyak pelanggan ingin membayarnya. Jika kita memberi harga terlalu tinggi, tidak ada yang membeli. Namun apabila kita memberikan harga yang terlalu rendah, perusahaan yang membuat produk tersebut akan mengalami kerugian. Jadi para pemasar harus menyusun strategi penetapan harga yang tepat untuk membuat bauran pemasaran kita menjadi lebih sempurna.

Tempat (Place)

Yang dimaksud dengan Tempat atau Place dalam bauran pemasaran ini pada dasarnya adalah saluran distribusi yang mengacu pada lokasi di mana produk tersedia dan dapat dijual atau dibeli. Dengan kata lain, Saluran Distribusi adalah saluran dimana produk tersebut dapat mencapai pelanggannya. Pembeli dapat membeli produk baik dari pasar fisik ataupun dari pasar virtual. Di pasar fisik, pembeli dan penjual secara fisik dapat bertemu dan berinteraksi satu sama lain sedangkan di pasar virtual pembeli dan penjual bertemu melalui internet.

Promosi (Promotion)

Promotion atau Promosi dalam bauran pemasaran adalah strategi yang diterapkan oleh pemasar untuk membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk ataupun mereknya. Promosi ini merupakan sebuah bentuk komunikasi perusahaan pemasar kepada pelanggan tentang produk yang akan ditawarkannya sehingga produk atau layanan yang dimiliki diketahui oleh pelanggan dan juga untuk mempengaruhi pelanggan untuk membelinya. Promosi ini dapat berbentuk iklan, informasi dari mulut ke mulut, katalog, pameran bisnis, sponsor acara dan lain sebagainya.

Bauran Pemasaran Layanan 7P (7P Service Marketing Mix)

Dalam pemasaran yang berkaitan dengan layanan atau jasa seperti restoran, layanan telekomunikasi, perhotelan, konsultan, perbankan, asuransi dan lain-lainnya, ada elemen tambahan selain dari 4P yang disebut diatas. Tambahan tersebut diantaranya adalah Bukti fisik tambahan (Physical Evidence), orang (People) dan proses (Process) yang biasanya dikenal sebagai bauran pemasaran layanan 7P. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya :

Bukti Fisik (Physical Evidence)

Layanan atau Jasa pada dasarnya adalah sesuatu tidak berwujud. Karena tidak berwujud, pelanggan mengharapkan adanya kepastian yang memastikan bahwa layanan yang ditawarkan tersebut benar-benar terjadi seperti yang diharapkan. Bukti Fisik merupakan upaya yang diberikan penyedia layanan untuk menyakinkan pelanggan atau konsumen. Contoh bukti fisik tersebut diantaranya seperti peralatan yang menghasilkan jasa/layanan, kantor, gedung ataupun website. Tanda Terima Layanan atau Faktur juga merupakan Bukti Fisik yang digunakan untuk meyakinkan pelanggan bahwa layanan akan selesai seperti yang apa ditawarkan.

Orang (People)

Yang dimaksud dengan orang atau People dalam bauran pemasaran adalah karyawan atau petugas yang memberikan pelayanan, termasuk orang-orang yang berinteraksi langsung dengan pelanggan. Elemen ini mencakup seberapa baik orang-orang ini melakukan pekerjaannya dan bagaimana perasaan atau pengalaman pelanggan terhadap layanan mereka.

Proses (Process)

Proses yang dimaksud dalam bauran pemasaran adalah metode, prosedur ataupun urutan kegiatan dalam rangka menyampaikan layanan atau jasa kepada pelanggannya. Semua proses ini perlu dikendalikan secara ketat untuk memastikan pengalaman pelanggan yang konsisten. Proses-proses tersebut biasanya didefinisikan dalam dokumen tertulis yaitu Prosedur Operasi Standar atau Standard Operating Procedure (SOP).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*