Perbedaan Pemasaran dan Penjualan (Marketing dan Sales)

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan (Marketing dan Sales)

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan (Marketing dan Sales) –┬áPemasaran (Marketing) dan Penjualan (Sales) merupakan dua fungsi dalam sebuah bisnis yang sama-sama bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat dan saling berkaitan sehingga sering disamakan oleh kebanyakan orang. Namun pada dasarnya, perlu diketahui bahwa Pemasaran dan Penjualan adalah dua konsep yang berbeda. Artikel ini akan menjelaskan secara singkat perbedaan antara Penjualan dan Pemasaran ini.

Dalam istilah bisnis, Penjualan atau Sales dapat diartikan sebagai pertukaran produk dan layanan dengan sejumlah uang sedangkan Pemasaran atau Marketing memliki arti yang lebih luas yang melibatkan rangkaian kegiatan seperti riset pasar, promosi dan juga penjualan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Fokus Pemasaran adalah terletak pada kebutuhan pelanggan sedangkan Penjualan lebih menekankan pada kebutuhan Perusahaan.

Pemasaran atau Marketing pada sebuah perusahaan memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan menyediakan produk atau layanan yang dibutuhkan pelanggan melalui berbagai analisis dan penelitian pasar. Dengan kata lain, Pemasaran memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menguntungkan perusahaannya. Di sisi lain, Penjualan atau Sales akan terus mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaannya.

Dalam perusahaan kecil, penjualan dan pemasaran biasanya dilakukan oleh orang yang sama. Namun seiring dengan pertumbuhan bisnisnya, peran dan tanggung jawab antara pemasaran dan penjualan harus semakin dispesialisasikan agar dapat mencapai tujuan perusahaan dengan optimal.
Baca juga : Pengertian Manajemen Pemasaran dan Ruang Lingkupnya.

10 Kunci Perbedaan Pemasaran dan Penjualan (Marketing dan Sales)

Berikut ini adalah kunci perbedaan antara pemasaran (marketing) dan penjualan (sales).

  1. Penjualan adalah pengalihan kepemilikan suatu produk dari satu orang ke orang lain dengan imbalan uang, sedangkan Pemasaran adalah tindakan menganalisis pasar dan memahami kebutuhan pelanggan sedemikian rupa sehingga setiap kali produk baru diluncurkan akan menjual dirinya sendiri.
  2. Penjualan adalah hubungan satu ke satu (one to one) sementara pemasaran adalah hubungan satu ke banyak (one to many).
  3. Penjualan memiliki pendekatan terfragmentasi yang menekankan pada penjualan semua yang diproduksi. Sebaliknya, pemasaran memiliki pendekatan terpadu yang menekankan pada pemastian kebutuhan pelanggan dan menyediakan produk atau layanan yang dibutuhkan pelanggan.
  4. Penjualan adalah proses jangka pendek sementara pemasaran adalah proses jangka panjang.
  5. Proses penjualan melibatkan pertukaran barang untuk pertimbangan uang. Di sisi lain, pemasaran melibatkan pengidentifikasian kebutuhan pelanggan dan berusaha untuk memuaskan kebutuhan pelanggan tersebut.
  6. Penjualan adalah kegiatan yang didorong oleh orang sedangkan pemasaran adalah aktivitas yang didorong oleh media.
  7. Pemasaran menekankan pada kebutuhan pasar. Sebaliknya, penjualan berfokus pada kebutuhan perusahaan.
  8. Dalam penjualan, pelanggan dipandang sebagai titik hubungan yang yang terakhir, yaitu produk dibuat terlebih dahulu dan kemudian dijual kepada pelanggan. Di sisi lain dalam pemasaran, pelanggan diberi prioritas, kebutuhan pelanggan akan diidentifikasikan terlebih dahulu dan setelah itu dijual kepada pelanggan.
  9. Fokus penjualan pada individu, yaitu interaksi langsung dengan pelanggan dan membujuknya untuk membeli produk atau layanan yang disediakan. Namun pemasaran berkonsentrasi pada masyarakat umum, yaitu menciptakan nilai suatu produk atau layanan untuk meningkatkan penjualan.
  10. Penjualan menggunakan strategi push atau dorong (mendorong produk secara paksa ke pelanggan) sementara pemasaran menggunakan strategi pull atau tarik (pelanggan datang sendiri ke suatu produk).

Perlu diketahui bahwa Teknik Penjualan yang kuat sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan bisnisnya. Namun Penjualan tersebut harus diiringi dengan Pemasaran yang Efektif sehingga produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan tersebut benar-benar dapat terjual sesuai dengan harapan perusahaan dan juga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*