_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"https://ilmumanajemenindustri.com","Category":"https://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"https://ilmumanajemenindustri.com/2019/04/","Post":"https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-risiko-risk-management-tahapan-prosesnya/","Page":"https://ilmumanajemenindustri.com/search/","Attachment":"https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-risiko-risk-management-tahapan-prosesnya/pengertian-manajemen-risiko/","Nav_menu_item":"https://ilmumanajemenindustri.com/1289/","Insertpostads":"https://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/1362/"}}_ap_ufee

Analisis PEST dan Contoh Analisis PEST

Analisis PEST dan Contoh Analisis PEST – Selain dampak dari sumber daya internal perusahaan dan faktor-faktor industri, ada beberapa faktor makro-ekonomi lain yang dapat memberikan dampak mendalam terhadap kinerja perusahaan. Dalam situasi tertentu seperti usaha baru atau peluncuran produk-produk baru, faktor-faktor makro ekonomi ini perlu dianalisis dengan hati-hati untuk menentukan seberapa besar peran faktor-faktor tersebut dalam keberhasilan organisasinya. Salah satu alat analisis yang paling umum digunakan untuk menilai faktor-faktor makro ekonomi eksternal terkait dengan situasi tertentu adalah Analisis PEST.

Pengertian Analisis PEST

PEST adalah singkatan dari POLITICAL (politik), ECONOMY (ekonomi),  SOCIAL (sosial) dan TECHNOLOGICAL (teknologi). Jadi dapat dikatakan bahwaa Analisis PEST adalah analisis atau alat perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi dampak dari faktor-faktor Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi terhadap suatu proyek. Pada dasarnya, analisis PEST dapat membantu kita menentukan bagaimana faktor Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi akan memengaruhi kinerja dan aktivitas bisnis dalam jangka panjang. Analisis PEST Ini sering digunakan bersamaan dengan alat bisnis analitik lainnya seperti analisis SWOT dan Lima Kekuatan Porter untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang suatu situasi dan faktor-faktor internal dan eksternal terkait.
Baca juga : Pengertian Analisis SWIOT dan Contohnya.

Analisis PEST ini pertama diperkenalkan oleh seorang Profesor Harvard yang bernama Francis Aguilar. Francis Aguilar memasukan sebuah alat pemindaian bisnis yang disebutnya sebagai ETPS dalam bukunya  “Memindai Lingkungan Bisnis” di tahun 1967.

Analisis PEST

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang masing-masing faktor yang digunakan dalam Analisis PEST ini.

1. POLITIK (political)

Faktor pertama dalam Analisis PEST adalah faktor Politik. Faktor ini akan menilai bagaimana peraturan pemerintah dan faktor hukum dalam memengaruhi lingkungan bisnis dan perdagangan. Masalah utama dalam faktor politik ini adalah stabilitas politik, pedoman pajak, ideologi negara, peraturan perdagangan, peraturan keselamatan dan peraturan ketenagakerjaan.

2. EKONOMI (Economy)

Melalui analisis di faktor ekonomi ini, perusahan atau organisasi akan memeriksa dan meninjau masalah ekonomi yang berdampak pada perusahaan. Ini akan mencakup faktor-faktor seperti suku bunga, inflasi, pertumbuhan ekonomi, nilai tukar mata uang, tingkat pengangguran dan tahap siklus bisnis pada Negara yang bersangkutan.

3. SOSIAL (Sosial)

Analisis PEST di faktor sosial ini akan menganalisis lingkungan sosial ekonomi pasarnya melalui elemen-elemen seperti demografi pelanggan, sosial budaya, sikap dan gaya hidup serta latar belakang pendidikan. Dengan analisis ini, kita dapat memahami kebutuhan konsumen dibentuk dan apa yang membawanya untuk membeli suatu produk.

4. TEKNOLOGI (Technological)

Faktor ini menganalisis dan menilai bagaimana teknologi dapat berdampak positif atau negatif terhadap pengenalan produk atau layanan ke pasar. Faktor-faktor ini termasuk kemajuan teknologi, siklus hidup teknologi, peran Internet, dan pengeluaran untuk penelitian teknologi oleh pemerintah.

Contoh Analisis PEST

Berikut ini adalah contoh sederhana dari Analisis PEST untuk pemasaran Mobil Listrik :

Contoh Kasus

Sebuah perusahaan pemasaran Mobil Listrik sedang melakukan analisis dan penilaian terhadap negara-negara yang memiliki potensi besar untuk memasarkan mobil-mobil listriknya. Dibawah ini adalah hasil analisis PEST yang dibuat oleh perusahaan tersebut terhadap negara A.

Politik

  • Subsidi terhadap mobil listrik.
  • Pembebasan pajak emisi terhadap mobil listrik.
  • Kebijakan untuk mengurangi mobil yang berbahan bakar minyak di 10 kedepan.

Ekonomi

  • Inflasi saat ini masih rendah.
  • Pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
  • Suku bunga pinjaman bank relatif tinggi

Sosial

  • Milenial menginginkan mobil yang lebih ramah lingkungan.
  • Adanya anggapan bahwa memiliki mobil listrik adalah gaya hidup terkini.

Teknologi

  • Kekurangan stasiun pengisian baterai mobil listrik.
  • Perkembangan teknologi baterai masih sangat terbatas.

Analisis PESTEL

Analisis PESTEL adalah perpanjangan analisis PEST yang ditambahkan dua faktor tambahan yaitu Lingkungan (Environment) dan Hukum (Legal). Contoh dari elemen-elemen pada kedua faktor tersebut adalah sebagai berikut ini :

LINGKUNGAN (Environment)

  • Perubahan cuaca dan iklim
  • Undang-undang tentang daur ulang dan Polusi
  • Penanganan Limbah
  • Menggunakan Produk yang ramah lingkungan

HUKUM (Legal)

  • Undang-undang diskriminasi
  • Undang-undang persaingan usaha
  • Hukum kesehatan dan keselamatan
  • Hukum perlindungan konsumen
  • Hukum hak cipta dan paten

 

Kepanjangan dari PESTEL = POLITICAL, ECONOMY, SOCIAL, TECHNOLOGICAL, ENVIRONMENT and LEGAL.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*