_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"https://ilmumanajemenindustri.com","Category":"https://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"https://ilmumanajemenindustri.com/2018/10/","Post":"https://ilmumanajemenindustri.com/8-langkah-perubahan-menurut-kotter/","Page":"https://ilmumanajemenindustri.com/search/","Attachment":"https://ilmumanajemenindustri.com/8-langkah-perubahan-menurut-kotter/8-langkah-perubahan-menurut-john-kotter/","Nav_menu_item":"https://ilmumanajemenindustri.com/1289/","Insertpostads":"https://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/1362/"}}_ap_ufee

Cara Mengetahui Jumlah Saham yang Beredar pada Perusahaan Publik

Cara Mengetahui Jumlah Saham yang Beredar pada Perusahaan Publik – Jumlah Saham yang Beredar atau Listed Share merupakan salah satu data yang penting untuk melakukan analisis rasio keuangan suatu perusahaan publik terutama bagi para investor saham yang menitikberatkan pada analisis fundamental saham suatu perusahaan publik. Beberapa perhitungan rasio keuangan yang memerlukan data jumlah saham beredar diantaranya seperti  Earning Per Share (EPS), Book Value per Share (BVPS) dan Price to Cash Flow Ratio (P/CF Ratio).

Perusahaan Publik adalah perusahaan yang menawarkan sahamnya ke publik atau masyarakat umum melalui pusat perdagangan pasar modal yang disebut dengan bursa efek. Menurut UU No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, yang dimaksud dengan Perusahaan Publik adalah Perseroan yang sahamnya telah dimiliki sekurang-kurangnya oleh 300 (tiga ratus) pemegang saham dan memiliki modal disetor sekurang-kurangnya Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah) atau suatu jumlah pemegang saham dan modal disetor yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

Untuk mengetahui data jumlah saham yang beredar pada perusahaan publik cukup mudah, karena telah disediakan oleh perusahaan bursa efek yaitu perusahaan yang menyediakan sistem atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan untuk memperdagangkan efek diantara mereka. Efek adalah surat berharga seperti saham, obligasi dan surat pengakuan utang. Satu-satunya perusahaan bursa efek di Indonesia adalah Bursa Efek Indonesia atau sering disingkat dengan BEI. Kita juga bisa mendapatkan Jumlah saham yang beredar dari Laporan Keuangan suatu Perusahaan Publik.

Cara Mengetahui Jumlah Saham yang Beredar pada Perusahaan Publik

Singkat cerita, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan data jumlah saham yang beredar (listed share) pada Perusahaan Publik atau Perusahaan Terbuka.

  1. Masuk ke website Bursa Efek Indonesia yaitu idx.co.id.
  2. Di Menu Utama Homepage Bursa Efek Indonesia, pilih [DATA PASAR].Menu Data Pasar Saham di website BEI
  3. Di Menu Ringkasan Saham, pilih tanggal yang diinginkan seperti gambar dibawah ini.
  4. Di Menu yang sama yaitu menu Ringkasan Saham, centang [Listed Share]
    Menu Ringkasan Saham di Website BEIJika hanya memerlukan data jumlah saham yang beredar, saran saya adalah hilangkan centang lainnya dan sisakan hanya Kode Saham, Nama Perusahaan, Listed Share untuk mempermudah pembacaannya.
  5. Berikut ini adalah hasilnya :
    Sebagai contoh, dari data dibawah ini kita dapat lihat bahwa Astra Agro Lestari Tbk dengan kode saham AALI memiliki 1.924.688.333 lembar saham yang beredar. Cara Mengetahui Jumlah Saham yang Beredar pada Perusahaan Publik

Untuk dapat mengunduhnya (download) data-data saham ke dalam bentuk file Ms. Excel. Kita dapat klik tombol [Unduh] yang terdapat di bawah tabel data-data saham.

Demikian cara untuk mendapatkan data jumlah saham yang beredar pada Perusahaan Publik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*