_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"https://ilmumanajemenindustri.com","Category":"https://ilmumanajemenindustri.com/category/dasar-dasar-manajemen/","Archive":"https://ilmumanajemenindustri.com/2018/09/","Post":"https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-perubahan-change-management/","Page":"https://ilmumanajemenindustri.com/search/","Attachment":"https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-perubahan-change-management/manajemen-perubahan/","Nav_menu_item":"https://ilmumanajemenindustri.com/1289/","Insertpostads":"https://ilmumanajemenindustri.com/insertpostads/1362/"}}_ap_ufee

Pengertian Return on Capital Employed (ROCE) atau Pengembalian Modal Kerja dan Rumusnya

Pengertian Return on Capital Employed (ROCE) Rasio Pengembalian Modal

Pengertian Return on Capital Employed (ROCE) atau Pengembalian Modal Kerja dan RumusnyaReturn on Capital Employed atau sering disingkat dengan ROCE adalah rasio profitabilitas yang mengukur seberapa Efisien suatu perusahaan menghasilkan laba dari Modal kerjanya. Dengan kata lain, Return on Capital Employed atau ROCE ini dapat menunjukan kepada investor seberapa banyak keuntungan yang dihasilkan dari setiap Rupiah yang diinvestasikan.
Baca juga : Pengertian Rasio Profitabilitas dan Jenis-jenisnya.

Rasio ROCE ini didasarkan pada dua perhitungan penting yaitu laba operasi (Net Operating Profit) dan Modal Kerja (Employed Capital) yang digunakan. Laba operasi bersih atau Net Operating Profit sering juga disebut dengan EBIT (Earning before Interest and Tax) atau Pendapatan sebelum Bunga dan Pajak. EBIT sering dilaporkan pada Laporan Laba Rugi karena menunjukan keuntungan perusahaan yang dihasilkan dari operasi.  komponen kedua yang diperhitungkan pada Rasio ROCE adalah Modal Kerja yang digunakan (Employed Capital). Pada umumnya, Modal Kerja yang digunakan dalam perhitungan ini adalah total aset perusahaan yang dikurangi semua kewajibannya ataupun Ekuitas pemegang saham yang dikurangi dengan semua kewajibannya.

Cara Menghitung Rasio Return on Capital Employed (ROCE)

Berikut ini adalah cara untuk menghitung Rasio Return on Capital Employed (ROCE) beserta rumus ROCE dan contoh kasusnya.

Rumus Rasio Return on Capital Employed (ROCE) atau Rasio Pengembalian Modal Kerja

Rumus Rasio ROCE atau Rasio Pengembalian Modal ini dapat dihitung dengan membagi laba operasi bersih atau EBIT dengan Modal Kerja yang digunakan. Dibawah ini adalah Persamaan atau Rumus ROCE.

Return on Capital Employed (ROCE) = Laba operasi bersih / Modal Kerja

atau

Return on Capital Employed (ROCE) = Laba operasi bersih / (Total Aset – Kewajiban)

 

Contoh Perhitungan Rasio Return on Capital Employed (ROCE) atau Rasio Pengembalian Modal Kerja

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufakturing memiliki total aset sebanyak Rp. 1 miliar dengan kewajibannya sebesar Rp. 250 juta. Pada tahun yang sama, perusahaan tersebut berhasil memperoleh laba operasi bersih sebesar Rp. 900 juta. Berapakah Rasio ROCE Perusahaan tersebut ?

Diketahui :

Laba operasi bersih = 900.000.000,-
Total Aset = Rp. 1.000.000.000,-
Kewajiban = Rp. 250.000.000
ROCE = ?

Penyelesaiannya :

ROCE = Laba operasi bersih / (Total Aset – Kewajiban)
ROCE = 900.000.000 / (1.000.000.000 – 250.000.000)
ROCE = 900.000.000 / 750.000.000
ROCE = 1,2 kali

Jadi Rasio Pengembalian Modal Kerja atau Return on Capital Employed (ROCE) untuk perusahaan ini adalah sebesar 1,2 kali.

Analisis dan Penilaian Rasio Return on Capital Employed (ROCE) atau Rasio Pengembalian Modal Kerja

Dari contoh atas dapat kita lihat bahwa hasil perhitungan ROCE perusahaan tersebut adalah sebesar 1,2 kali. Ini artinya, setiap Rupiah yang diinvestasikan ke modal kerja akan menghasilkan Rp. 1,2 keuntungan atau Laba operasi bersih. Rasio Pengembalian Modal Kerja menunjukan berapa banyak laba yang dihasilkan setiap Rupiah dari Modal Kerja. Rasio yang lebih tinggi akan lebih menguntungkan karena lebih banyak laba yang dihasilkan oleh setiap Rupiah modal kerja yang diinvestasikan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*